Kerajinan Rakyat

Kerajinan Rakyat



Hari ini, kami manfaatkan hari libur Tahun Baru Cina (Imlek) utk belajar fotografi. Kebetulan habis beli kamera baru dgn harga diskon 50%, Nikon 1 V2. Sejumlah objek baik luar maupun dalam rumah jadi sasaran tembak lensa kamera. Tidak luput sejumlah koleksi cinderamata dari manca negara ikut jadi sasaran.

Saat melihat-lihat hasil bidikan, tiba2 terpikir oleh kami beberapa ide atas sejumlah cinderamata berupa kerajinan tangan yg bisa bisa dikembangkan di kampung halaman, Bombana. Sekilas dapat terlihat bahwa hampir semua bahan baku dapat diperoleh di Bombana: logam dan batu-batuan. Di sana ada tambang emas, nikel, tembaga, dan jenis logam lainnya dan batu-batuan asal Kabaena yg saat ini sedang jadi trend.


Sudah sepatutnya kalau sumber daya alam yg melimpah itu dapat dimafaatkan utk masyarakat sekitarnya seperti misalnya mengolah sebagian hasil SDA tsb menjadi usaha kerajinan tangan rakyat yg punya nilai tambah dan dapat menjadi ciri khas Bombana. Kalau di manca negara industri kerajinan tangan (handicraft) hidup subur sekalipun bahan baku mereka impor dari negara lain.

Comments

Popular posts from this blog

Sebuah Refleksi

Sebuah Kontemplasi

Menelusuri Jejak Leluhur