Jazz & Leadership

JAZZ & LEADERSHIP

Beberapa hari yang lalu saya mengahdiri undangan acara networking sembari dihibur oleh music jazz yang di host oleh Adecco Singapura, salah satu perusahaan jasa di bidang HR. Yang menarik adalah topik yang menjadi tema utama: musik Jazz dan Kepeminpinan.
Apa hubungan antara musik Jazz dan kepemimipan terutama di dunia bisnis. Jazz merupakan sebuah metafor dari sebuah tim yang melakukan kegiatan mereka sesuai dengan kemampuan terbaik mereka. Bagi anda yg pernah melihat pertunjukan jazz, anda mungkin menikmati irama, keselarasan, kebebasan dari tiap pemain instrumen, semangat, kesenangan dan tentunya sinergi dari semua tim. Semua anggota tim jazz sejajar, dan bilamana seseorang memimpin alunan musik dengan memainkan intrumennya maka yang lain akan mengikuti serta merta tanpa membutuhkan komando dari pimpinan. Maka dari itu tidak pernah kita lihat seorang konduktor pada tiap band jazz.

Lantas bagaimana hubungannya dengan dunia bisnis dan kepemimpinan? Dalam konteks bisnis, dari setiap organisasi ada beberapa orang yang berbakat atau berkemampuan. Sebagai pemimpin anda bisa membuat mereka melalukan yang terbaik untuk organisasi (empowered). Menciptakan suasana yang kondusif sehingga terbentuk kepemimpinan yang alami dan membiarkan agar orang yang punya talenta atau bakat kepemimpian dapat memimpin juga. Ini biasa disebut dengan istilah “roving leadership”. Dari sinilah akan nampak calon-calon pemimpin secara alami.

Seorang pemimpin sejati adalah yang mampu menciptakan pemimpin2 baru dan tidak harus takut untuk disaingi atau tersaingi.


Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Sebuah Refleksi

Menelusuri Jejak Leluhur

Sebuah Kontemplasi